our valuable product : Beetroot Brokoli Buncis Lokal Daikon Daun Bawang Horenzo Jagung Manis Kulit Jagung Manis Kupas Jeruk Lemon Jeruk Limo Jeruk Nipis Kabocha Hijau Kabocha Kuning Kacang Merah Kacang Panjang Kangkung Kembang Kol Kentang TESS Besar Kentang Kecil Kol Merah Kol Putih Kyuri Labu Parang Labu siam acar Labu Siam Besar Lettuce Head Oyong Pakcoy Super Paprika Hijau Paprika Kuning Paprika Merah Pare Hijau Pare Putih Sawi Putih Selada Keriting Hijau Seledri Lokal Terung Ungu Timun Acar Timun Lalap Tomat Cherry Tomat Lokal Toge ubi merah Ubi Ungu/ Murasaki Wortel Zukini Hijau bengkuang

Minggu, 15 Juli 2012

manfaat zukini


Zukini (dari bahasa Italiazucchine (tunggal) atau zucchini (jamak)) adalah sejenis labu kecil yang buahnya dipanen sebelum matang untuk dijadikan sayuran. Sayuran ini merupakan salah satu bentuk budidaya dari Cucurbita pepo. Di PerancisInggris dan negara-negara Beneluxsayuran ini lebih populer sebagai courgette (dibaca "kurzet"). Warna luar buahnya bisa kuning serta hijau tua atau muda. Bentuknya biasanya mirip mentimun, meskipun ada pula yang berbentuk bulat atau seperti botol, tergantung kultivarnya.
Sayuran ini relatif baru dikenal di Indonesia (paruh kedua abad ke-20), meskipun populer dalam masakan Eropa. Penggunaan zukini biasanya mirip seperti belustrugambas (oyong) ataubeligo, yaitu disayur dengan kuah encer. Di beberapa tempat, zukini dipotong-potong lalu digoreng. Zukini jarang dimakan secara segar (tanpa diolah).
Selain dari segi nutrisi, manfaat lain dari zucchini bagi kesehatan tubuh belum begitu banyak dipelajari, akan tetapi ada beberapa studi tentang manfaat labu ini terhadap hewan percobaan. Selain itu studi-studi yang telah dilakukan lebih melihat labu secara keseluruhan bukan spesifik hanya zucchini. Sebagai antioksidan, zucchini merupakan sumber yang baik dari manganvitamin C dan vitamin A yang merupakan antioksidan. Selain itu terdapat juga kandungan antioksidan lain sepertilutein dan zeaxanthin. Aktifitas zat antioksidan dalam zucchini termasuk yang stabil, yang terbukti dari hasil studi terhadap keaktifan antioksidan zucchini yang telah dibekukan. Untuk mendapatkan manfaat yang menyeluruh dari antioksidan dalam zucchini maka ada baiknya kita mengkonsumsinya tidak hanya dagingnya saja tetapi juga kulit dan bijinya.
Zucchini mengandung sejumlah vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B6, folat, dan kolin), dan serat pangan yang bermanfaat dalam pengaturan kadar gula darah. Dari hasil penelitian pada hewan percobaan menunjukkan adanya manfaat anti inflamasi di sistem kardiovaskular dan saluran pencernaan, yang berasal dari omega-3 (yang terdapat dalam biji zucchini), senyawa karoten lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten, serta senyawa anti inflamasi dari golongan polisakarida yaitu homogalacturonan. Adanya kombinasi anti oksidan dan anti inflamasi yang terkandung dalam zucchini sehingga cukup logis dikatakan adanya manfaat bahan makanan ini sebagai anti kanker [1]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar