our valuable product : Beetroot Brokoli Buncis Lokal Daikon Daun Bawang Horenzo Jagung Manis Kulit Jagung Manis Kupas Jeruk Lemon Jeruk Limo Jeruk Nipis Kabocha Hijau Kabocha Kuning Kacang Merah Kacang Panjang Kangkung Kembang Kol Kentang TESS Besar Kentang Kecil Kol Merah Kol Putih Kyuri Labu Parang Labu siam acar Labu Siam Besar Lettuce Head Oyong Pakcoy Super Paprika Hijau Paprika Kuning Paprika Merah Pare Hijau Pare Putih Sawi Putih Selada Keriting Hijau Seledri Lokal Terung Ungu Timun Acar Timun Lalap Tomat Cherry Tomat Lokal Toge ubi merah Ubi Ungu/ Murasaki Wortel Zukini Hijau bengkuang

Minggu, 15 Juli 2012

Sayur Bayam yang sangat berguna bagi kesehatan

Sayur Bayam pasti sudah banyak yang mendengar dan tahu apa itu, tetapi apakah kalian tahu asal muasal nya sayur bayam itu bagaimana? Sayur Bayam berasal dari Amerika dan Selandia Baru. Di Eropa dan Australia, awalnya Sayur Bayam ialah tanaman hias yang terkenal indah. Baru setelah ditahun 1960 penduduk Australia mulai melirik Sayur Bayam sebagai bahan makanan yang lezat. Dua jenis Sayur Bayam yang dikenal di Indonesia adalah Sayur Bayam cabut/ Bayam sekul/ Bayam putih dan  Sayur Bayam tahun/ Bayam skop/ Bayam kakap. Sayur Bayam cabut disukai karena enak, lunak, memberikan rasa dingin di perut, dan melancarkan saluran pencernaan dan pembuangan kotoran. Sayur Bayam tahun memiliki ciri utama daun lebar. Jenis Sayur Bayam yang kini mulai dikenal adalah spinacia, yang hanya dimakan daunnya. Contoh spinacia adalah Sayur Bayam Jepang atau lebih dikenal dengan sebutan “Horenso”. Sayur Bayam ini kini dapat ditemukan di berbagai supermarket dan pasar modern di Indonesia. Pembudidayaan Sayur Bayam ini umumnya dilakukan secara organik dan hidroponik.



Sayur Bayam yang paling kaya zat gizi

Sayur BayamSeperti Sayur Bayam umumnya, Sayur Bayam Jepang kaya zat gizi. Zat gizi yang terkandung pada Sayur Bayam adalah vitamin dan mineral. Vitamin yang banyak terkandung dalam Sayur Bayam Jepang adalah vitamin K, A, C, B1, B2, B6, asam folat, dan vitamin E. Secangkir Sayur Bayam rebus merupakan sumber mineral mangan, magnesium, besi, kalsium, kalium, tembaga, fosfor, dan seng. Sayur Bayam merupakan sumber vitamin K yang baik. Vitamin ini berperan besar dalam pengaktifan banyak jenis protein yang terlibat dalam proses pembekuan darah. Vitamin K juga turut berperan dalam banyak proses yang terjadi pada tubuh. Riset-riset terbaru menunjukkan vitamin K berperan sebagai antipenuaan yang lebih efektif dibandingkan dengan vitamin E. Vitamin K juga berperan dalam mencegah penyakit jantung dan stroke, karena dapat mengurangi pengerasan pembuluh darah oleh timbunan plak kalsium. Beberapa penelitian juga menunjukkan vitamin K dapat bertindak sebagai racun dalam sel-sel kanker, tetapi tidak membahayakan sel-sel yang sehat. Fungsi lain yang turut dilaporkan adalah dalam mencegah penyakit alzheimer, pengontrolan kadar gula darah, serta mencegah sitokin, pembawa pesan yang berperan dalam menyebabkan pembengkakan pada sambungan tulang saat penuaan terjadi. Sayuran ini juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Selain berguna untuk organ penglihatan di malam hari, vitamin A juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh, pembentukan serta pemeliharaan sel-sel kulit, saluran pencernaan, dan selaput kulit. Sayur Bayam merupakan sumber zat besi yang baik, sehingga diperlukan oleh wanita, terutama pada saat menstruasi/haid untuk mengganti darah yang hilang. Zat besi merupakan komponen yang penting dalam hemoglobin. Bagi anak-anak di masa pertumbuhan Sayur Bayam sangat baik, apalagi bagi yang menderita anemia.

Sayur Bayam lain nya

Banyak jenis sayur bayam yang ada di dunia ini yang belum kita ketahui, dua di antara nya ialah  A. tricolor memiliki daun berwarna merah atau putih dan dipakai sebagai tanaman hias, meskipun dapat pula disayur. Jenis tanaman hias lainnya adalah A. caudatus karena tandan bunganya berwarna merah panjang menggantung seperti ekor. Di tempat asalnya, bayam dimanfaatkan bijinya (bayam biji) sebagai sumber karbohidrat. Biji ini sekarang juga populer sebagai makanan diet karena tidak menyebabkan kegemukan. Akar tunggang Sayur Bayam juga dimanfaatkan sebagai obat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar